LAUNCHING STUDENT CLUB MPI

 


P2M HMJ MPI - Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Launching Student Club MPI, Jum’at (23/10/2020). Pada satu bulan kepengurusan HMJ MPI Kabinet Handayani menggelar acara tersebut. Acara ini dilakukan secara virtual melalui kanal Google Meet. Launching ini dihadiri oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

Student Club merupakan program kolaborasi antara Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan HMJ – MPI, program ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa MPI dalam mengembangkan bakat dan minat.

Student Club ini kedepannya diharapkan dapat menjadi tempat diskusi mahasiswa MPI dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Di dalam program yang launching ini, terdapat beberapa Student Club (SC), diantaranya Research Club, Enterpreneur Club, Graphic Design Club, Religious Club dan Language Club. Masing-masing SC dibawah tanggung jawab bidang yang ada di HMJ.

Ketua Umum HMJ MPI, Muhammad Aan Ansori menyampaikan, “Program Student Club ini baru pertama kali diadakan oleh HMJ, dalam AD/ART disebut LSO (Lembaga Semi Otonom). Student Club adalah wadah untuk Mahasiswa dan Mahasiswi MPI untuk mengembangkan minat dan bakat. Student Club ini berada dalam naungan HMJ. Namun dalam pelaksanaan kedepan Student Club akan menjalankan kegiatan dengan mandiri,” dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari semua penanggung jawab Student Club (SC), dimulai dari Ketua Bidang Pengembangan Intelektual (PI) yang bertanggung jawab atas SC Language. Dalam pemaparannya dikatakan bahwa SC Language memiliki empat kegiatan utama yaitu Tutoring Bahasa, Public Speaking, Pelatihan Kepenulisan serta TOEFL.

Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Bidang Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KPPM) yang bertanggung jawab atas SC Research. Dalam kegiatan SC Research ada tiga kegiatan utama yaitu Pelatihan Penelitian Ilmiah, Pelatihan Kepenulisan KTI dan Pelatihan Aplikasi Mendeley.

Setelah pemaparan dari Ketua Bidang Kerjasama Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KPPM), dilanjutkan oleh Ketua Bidang Pengembangan Kode Etik dan Akhlakul Karimah (PKEAK) yang menjelaskan tentang SC     Religious. SC Religious akan mewadahi Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam yang berkaitan dengan Tahsin Tahfidz, Qiraat dan dakwah.

Pemaparan ke empat disampaikan Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan (WIRUS), dalam pemaparannya menjelaskan bahwa SC Entrepreneurship dapat menjadi solusi bagi Mahasiswa yang ingin berwirausaha namun bingung untuk memulai. Dalam SC Entrepreneurship mahasiswa akan mendapat akomodasi Kepelatihan Wirausaha dan Bazaar.

Terakhir Ketua Bidang Pengembangan Pers Mahasiswa (P2M) selaku Penanggung Jawab SC Graphic Design memberikan pengertian bahwa SC Graphic Design akan menjadi wadah bagi Mahasiswa untuk mengenal, mengasah dan mengembangkan minat pada Design. SC Graphic Design ini akan menjadi wadah diskusi mahasiswa tentang design, Pelatihan Design dan Pameran.

Setelah selesai pemaparan dari semua Penanggung Jawab Student Club, ada sedikit himbauan dari Ketua Umum HMJ-MPI. “Diharapkan setelah lauchingnya Student Club ini, semoga dapat menjadi wadah bagi minat dan bakat Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Manfaatkan wadah ini untuk mengembangkan potensi teman-teman mahasiswa sekalian,” ujar Muhammad Aan Ansori.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pelantikan & Upgrading HMJ MPI Kabinet Transformatif Periode 2024-2025

Internalisasi Core and Value ( INCOREVAL ) 2023