Kepengurusan Baru HMJ MPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung Kabinet Handayani Gelar Upgrading dan Rapat Kerja (Raker)



   

Bandung – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ-MPI) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan Rapat Kerja (RAKER)  Periode 2020-2021 di Villa Umi, Cilengkrang, Kab. Bandung (15/09/2020). Kegiatan tersebut adalah kegiatan lanjutan dari pelantikan pengurus  periode 2020-2021 pada hari kamis 10 september 2020. Rapat Kerja merupakan kegiatan yang dilakukan pengurus di awal periode untuk menyusun program kerja kepengurusan kedepan. Ketua Umum Muhammad Aan Ansori menamakan kabinet dengan nama Handayani, dengan harapan  kepengurusan ini dapat memberikan manfaat bagi sesama mahasiswa MPI dan masyarakat luas pada umumnya.


Dalam kegiatan Rapat Kerja kali ini, panitia sangat mengedepankan protokol kesehatan dengan menyediakan hand sanitizer disetiap sudut ruangan rapat kerja dan mewajibkan peserta untuk memakai masker serta selalu menjaga jarak. Sebelum Rapat Kerja dimulai, panitia mengadakan acara upgrading terlebih dahulu. Upgrading terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama dengan materi konstitusi yang disampaikan  Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F) pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Diana Safitri, sedangkan materi MKO disampaikan oleh demisioner Ketua Umum HMJ-MPI sebelumnya, Agus Sofyan.

 



Setelah upgrading, kegiatan Rapat Kerja yang dihadiri seluruh bidang di kepengurusan HMJ-MPI Kabinet Handayani dimulai dengan sambutan dari Ketua Umum  HMJ-MPI Muhammad Aan Ansori.


Rapat kerja ini adalah forum bagi setiap bidang untuk menyampaikan rancangan program  yang telah disusun dan diharapkan setiap program supaya  dapat mencapai visi dari HMJ-MPI Kabinet Handayani, terutama di era digitalisasi ini HMJ-MPI harus menjadi garda terdepan dalam membantu mahasiswa MPI untuk tampil dalam berbagai lomba dan event baik tingkat Fakultas, Universitas, Nasional  bahkan Internasional,“ papar Muhammad Aan Ansori dalam sambutannya.


Kegiatan Rapat Kerja berlangsung alot dan disertai dengan saling mengutarakan gagasan dari para peserta Rapat Kerja kepada semua bidang terkait dengan tujuan program yang disusun dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja pengurus HMJ-MPI untuk periode 2020-2021.


Program-program yang disusun oleh setiap bidang diharapkan mampu menjawab berbagai kebutuhan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Pemaparan program dimulai dari bidang Pengembangan Intelektual (PI), Penegak Kode Etik dan Akhlakul Karimah(PKEAK), Penegak Aparatur Organisasi (PAO), Pengembangan Olah Raga (POR), Seni, Kerjasama Penelitian Pengabdian Masyarakat (KPPM), Pengembangan Pers Mahasiswa (P2M) dan diakhiri oleh bidang Wira Usaha (WIRUS).


Semua program yang diusulkan dan dipaparkan setiap bidang disetujui peserta Rapat Kerja dengan tambahan dan penguatan terhadap program masing-masing bidang oleh para peserta Rapat Kerja lainnya. Diakhir Rapat Kerja, ketua umum memberikan masukan kepada seluruh peserta rapat.


“Program dari setiap  bidang yang disetujui  agar dapat ditindak lanjuti dengan langkah-langkah kerja yang baik dan terstuktur, bahkan untuk kegiatan yang berskala besar seperti Ospek Jurusan dan event besar lainnya kepanitiaan harus dibuat jauh-jauh hari sebelumnya,” ujar Muhammad  Aan Ansori.


Ketua Umum mengharapkan program yang telah disetujui harus dapat ditindak lanjuti, teruntuk program kerja yang memerlukan kepanitiaan khusus dan dukungan sumber daya manusia yang lebih agar segera menentukan ketua panitia disertai dengan gambaran umum kegiatan.




 

Selain itu, Bendahara Umum ikut pemberikan pandangan terhadap hasil dari Rapat Kerja, "Setiap bidang diharapkan selain merencanakan program, juga harus dapat mempertimbangkan alokasi anggaran yang ada di HMJ-MPI periode 2020-2021, supaya anggaran dan program dapat selaras dan saling mendukung,” tutur Bendahara Umum Salma Nurul Assyifa.


Menjelang berakhirnya Rapat Kerja, Sekertaris Umum mengingatkan supaya para Sekertaris Bidang dapat memperbaiki konten penyusunan Program Kerja agar menjadi lebih spesifik dan terstuktural, supaya program tersusun rapih. Kegiatan Rapat Kerja diakhiri  dengan foto bersama para pengurus Himpunan Mahasiwa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kabinet Handayani periode 2020-2021.


Setelah kegiatan Rapat Kerja pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ini diharapkan program-program yang telah disetujui dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa dan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan potensi dari seriap mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pelantikan & Upgrading HMJ MPI Kabinet Transformatif Periode 2024-2025

Internalisasi Core and Value ( INCOREVAL ) 2023